Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Pondok Pesantren Di Provinsi Jawa Timur

Pondok Pesantren Jawa Timur 
Bincang Santri - Sebagai pulau dengan populasi penduduk yang memadat, menjadikan pulau jawa sebagai pulau terkecil dengan populasi penduduk terbanyak, selain itu, pulau termasuk menjadi sektor ekonomi terbesar di Negara Indonesia, bukan tanpa sebab, karena pulau itulah ibu Negara Indonesia berdiri, pulau jawa juga terkenal dengan kisah wali songo nya, sebuah kisah para ulama berjumlah 9 yang menyebarkan agama islam di pulau jawa, salah satu diantaranya adalah sunan ampel, ulama yang menyebarkan syariat agama islam di kota Surabaya, ada juga kisah sunan giri yang berdakwah di wilayah kota gresik, semua itu menjadi alasan kenapa di pulau jawa lah islam benar benar terasa kental.

ponpes jawa timur

Sejarah mengatakan bahwa pendidikan tertua di Indonesia adalah pondok pesantren, saat itu, salah satu wali songo, yakni sunan maulana malik Ibrahim mendirikan sebuah surau bagi orang orang (kemudia orang orang tersebut di kenal dengan sebutan santri) untuk mempelajari serta mendalami agama islam.

Jika kami membahas mengenai sejarah pondok pesantren di Indonesia di postingan ini, kami rasa itu tidak pantas, karena pada postingan kali ini, admin akan membahas mengenai daftar pondok pesantren pulau jawa, lebih tepatnya di provinsi jawa timur.

Bagi sobat yang sudah terlanjur penasaran dengan sejarah pondok pesantren indonesia, silahkan buka pelajaran Aswaja di kelas VIII madrasah tsanawiyah (insya allah).

Ok masuk ke pembahasan.

Seperti judulnya, admin disini hanya memberikan info mengenai daftar pondok pesantren di jawa timur, banyak sekali ponpes yang berada di provinsi ini, jadi jika admin masukkan semuanya kedalam postingan ini, munkin sobat pembaca akan terasa bosan, dan tidak etis untuk dibaca.

Oleh karena itu, kami akan menulis daftar nya menurut kota kota yang ada di provinsi jawa timur.

Hingga saat ini kami masih mengupdate pondok pesantren di 4 kota (Surabaya, gresik, nganjuk dan ponorogo), sedangkan ada puluhan kota yang berada di provinsi ini.

Menurut data arsip kementrian agama Indonesia, pada tahun 2009/2010 tercatat bahwasannya pondok pesantren di jatim berjumlah lebih dari 5000 pesantren.

Subhanallah.

Sungguh angka yang sangat menabjukkan bagi admin, entah kalau sobat sekalian (haha).

Untuk lebih jelasnya, bisa sobat lihat di bawah ini.

Daftar Ponpes Di Jatim


  1. Pondok pesantren Surabaya.
  2. Pondok pesantren nganjuk.
  3. Pondok pesantren gresik.
  4. Pondok pesantren ponorogo.
  5. Pondok pesantren pacitan.
  6. Pondok pesantren trenggalek.
  7. Pondok pesantren tulungagung.
  8. Pondok pesantren blitar.
  9. Pondok pesantren Kediri.
  10. Pondok pesantren malang.
  11. Pondok pesantren lumajang.
  12. Pondok pesantren jember.
  13. Pondok pesantren banyuwangi.
  14. Pondok pesantren bondowoso.
  15. Pondok pesantren situbondo.
  16. Pondok pesantren probolinggo.
  17. Pondok pesantren pasuruan.
  18. Pondok pesantren sidoarjo.
  19. Pondok pesantren mojokerto.
  20. Pondok pesantren jombang.
  21. Pondok pesantren madiun.
  22. Pondok pesantren magetan.
  23. Pondok pesantren ngawi.
  24. Pondok pesantren bojonegoro.
  25. Pondok pesantren tuban.
  26. Pondok pesantren lamongan.
  27. Pondok pesantren bangkalan.
  28. Pondok pesantren sampang.
  29. Pondok pesantren sumenep.
  30. Pondok pesantren pamekasan.

Semua itu adalah list daftar agar memudahkan admin dalam mengupdate postingan ini, jika ada tulisan bewarna biru seperti kota Surabaya, gresik dan nganjuk, berarti kota kota tersebut sudah terupdate oleh admin, dan sebaliknya bagi tulisan yang bewarna hitam.

Apakah admin akan memberikan info seputar jawa timur saja ?.
Tidak, semua provinsi yang ada di Indonesia akan kami bagikan secara merata menurut arsip kementrian agama, namun hingga saat itu tiba, admin akan lebih fokus di wilayah jawa timur, kalau sudah selesai lanjut ke wilayah jawa barat dan seterusnya, munkin sampai ke maraoke (haha).

Nah munkin itulah sedikit informasi yang dapat kami bagikan kepada sobat sekalian mengenai daftar pondok pesantren di wilayah provinsi jawa timur indonesia, untuk lebih jelasnya, jika ada pertanyaan atau semacamnya mohon untuk berkomentar dibawah ini, salam bincang santri, semoga kalian sehat selalu .

Posting Komentar untuk "Daftar Pondok Pesantren Di Provinsi Jawa Timur"