Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tema Hari Santri, Santri Mandiri NKRI Hebat

Tema Hari Santri Nasional 2017
Bincang Santri - Tepat pada tanggal 22 Oktober 2017 mendatang, pondok pesantren seluruh indonesia akan memperingati hari jadi mereka, berbagai kalangan khususnya santri dan kyai akan turut serta untuk memeriahkan hari tersebut, lantas apa yang sebenarnya terjadi pada 22 Oktober 2017 besok ?

tema hari santri nasional 2017

Tahun lalu, tepatnya pada tahun 2015, presiden Jokowi mengeluarkan pilpres nomer 22, yakni menetapkan tanggal 22 oktober sebagai hari santri nasional.

Bukan tanpa alasan untuk mengeluarkan pilpres tersebut, semua sepakat bahwa orang orang pondok pesantren, yakni santri dan kyai mempunyai peran penting dalam memperjuangkan kemederkaan.

Sebut saja fatwa jihad yang dikeluarkan oleh Hadratus syeikh KH Hasyim Asyari, beliau mengeluarkan fatwa bahwa hukum membela tanah air adalah wajib.

Dikemudian hari fatwa tersebut dikenal dengan sebutan resolusi jihad.

Itu hanya sebagian dari peran santri dan kyai dalam memperjuangakan kemerdekaan.

Mengingat hal itulah, akhirnya presiden menetapkan setiap tanggal 22 oktober sebagai hari santri nasional.

Dengan tujuan untuk mengenang jasa para santri ulama di masa masa kemederkaan.

Sudah 2 tahun berlalu sejak di deklerasikannya hari santri, setiap tahunnya Rabithah Maahid Islamiyah (RMI) mengusung tema yang berbeda beda.

Tema Santri Mandiri, NKRI Hebat


Untuk di tahun 2017 ini, RMI mengusung tema "Santri mandiri NKRI hebat".

Jika kita artikan secara tektual, makna yang tersirat dalam kalimat tersebut adalah NKRI bisa menjadi hebat karena santri yang bisa mandiri.

Namun perlu kita ketahui pula bahwa sejak di pondok pesantren, santri sudah belajar untuk mandiri, dan akan berkelanjutan hingga ia keluar dari pondok pesantren, Insya allah.

Karena sifat mandiri tersebut itulah yang dikemudian hari sangat bermanfaat bagi santri yang telah berada di rumah.

Selain itu, santri juga bukanlah orang enggan untuk mengakui nasionalisme pancasila, padahal jika kita mengingat sejarah, santri adalah salah satu kalangan yang berperan dalam kemederkaan.

Nah, sedangkan logo hari santri yang mengusung tema Santri mandiri, NKRI hebat untuk sekarang ini sudah bertebaran di internet.

Jadi, jika sobat ingin mendownload logo hari santri 2017, sobat tak perlu bersusah susah untuk mencarinya, karena admin sudah menyiapkan logonya.


Sebagai gambaran, logo tersebut berisikan seorang santri dan santriwati yang di itari oleh bendera nasional merah putih.

Selain mengusung tema santri mandiri, NKRI hebat, sebagian organisasi NU lainnya, mengusung tema wajah pesantren, wajah indonesia.

Terserah mau pilih yang mana, namun yang pasti, diantara keduanya terdapat niat baik yang mesti kita appresiasikan.

Dan semoga, kegiatan di hari tersebut berjalan seperti kirab santri dan lomba, bisa berjalan sesuai harapan panitia masing masing daerah.

Cukup sampai disini, itulah tema hati santri nasional 2017, jika ada penambahan atau apa saja, mohon untuk berkomentar dibawah ini.

Posting Komentar untuk "Tema Hari Santri, Santri Mandiri NKRI Hebat"