Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Android Menulis Jawa Pegon

Arab Pegon Untuk Android
Bincang Santri - Beberapa hari yang lalu, kami menemukan sebuah aplikasi translate arab pegon, maksudnya men-translate dari indonesia ke tulisan pegon, aplikasi ini benar benar sangat bermanfaat bagi orang orang awam yang mempelajari cara menulis pegon.

aplikasi arab pegon android

Aplikasi Pegon Android


Sebelum kami menshare aplikasi tersebut untuk sahabat setia bincang santri, izinkan kami untuk mereview aplikasi tersebut sebagaimana yang telah kami ketahui.

Perlu sobat ketahui, aplikasi tersebut bukanlah hasil ciptaan dari admin, developer atau pembuatnya adalah seorang muslim di negeri malaysia.

Seperti halnya orang orang, beliaupun mempunyai sebuah nama, tapi sayangnya setelah kami telusuri melalui facebooknya, beliau hanya memakai nama samaran saja, namanya adalah yeaay.

Dilihat dari latar belakangnya, beliau memang seorang developer aplikasi android, atau pembuat aplikasi android.

Tujuan dari dibuatnya aplikasi tersebut adalah guna memudahkan orang orang yang sedang mempelajari tata cara menulis arab jawa pegon.

Bagi sobat yang ingin mempraktekkan jawa pegon melalui aplikasi tersebut, alangkah baiknya jika sobat membaca artikel kami sebelum, mengenai cara menulis pegon.


Aplikasi ingin sangat kompetibel atau cocok dengan berbagai versi handphone, yang terpenting bersistemkan android.

Aplikasi pegon ini harus menggunakan data seluler terlebih dahulu, jika tidak, maka aplikasi tidak akan berjalan.

Karena sebagai mana translate pada umumnya, sobat harus menghidupkam data seluler agar aplikasi translate bisa berjalan.

Kami sudah mencobanya, menurut pandangam kami, ada sedikit kalimat yang tidak sesuai jika di translatekan ke dalam bahasa pegon.

Yang seharunya harus ditambahkan hurus alif, wawu dan ya', namun huruf huruf tersebut malah tidak dipakai.

Entah karena ketidaktahuan pembuat atau ketidaktahuan dengan code yang dibuatnya, jika saja admin bincang santri berkolaborasi dengan beliau, insya allah aplikasi tersebut menjadi lebih baik (insya allah).

Kekurangan di atas sudah sepenuhnya di tutupi oleh kelebihan didalamnya, seperti tampilannya yang dinamis, mudah dimengerti dan ukurannya pun terbilang sangat kecil, yakni kurang dari 10 Mb.

Orang awam pun akan paham jika menjalankan aplikasi pegon tersebut, cukup menuliskan kalimat bahasa indonesia, kemudian klik tukar, dan keluarlah hasil dari translate indonesia ke pegon.

Tapi sebagai pengguna, kita seharusnya bersyukur dan mengapresiasikan hasil dari karyanya, dan semoga kedepannya aplikasi tersebut sesuai dengan harapan kita kita.

Cukup sampai disini kami menjelaskan review dari aplikasi pegon tersebut, untuk lebih jelasnya silahkan pelajari sendiri.

Download aplikasinya dibawah ini ya.

Aplikasi Pegon

Itulah aplikasi android untuk menulis pegon, jika ada penambahan atau apa saja, mohoj untuk berkomentar dibawah ini.

2 komentar untuk "Aplikasi Android Menulis Jawa Pegon"

  1. Alhamdulilah, berapa honor menulis di Ruang ini. Masya Allah Kolom Tanya Jawab mirip. Mari Berlomba Beramal Melalui Literasi. Trimaaksh

    BalasHapus
  2. Bagaimana caranya agar penyajian Materi ini lebih praktis, mudah dipahami, Serta bisa Praktis dipelajari bagi kami. Yang masih dangkal lmunya.Salaam Kolom Tanya Jawab.....

    BalasHapus