Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Karomah 4 Makam Putri Dewi Sekardadu Sidoarjo

Putri Dewi Sekardadu Buduran Sidoarjo
Bincang Santri - Seperti yang kami janjikan kemarin, di postingan kali ini kami akan melanjutkan kisah perjalanan wisata riligi bersama santri ke makam atau pesarean putri dewi sekardadu buduran sidoarjo, setelah menaiki perahu untuk menyusuri sungai, akhirnya kami sampai di tempat tujuan, untuk sampai ke tempat makam, dibutuhkan waktu setidaknya 1 jam perjalanan, jadi selama itu kalian bisa menikmati pemandangan sungai.


putri dewi sekardadu kepitingan

Untuk menuju ke makam dewi, kami harus berjalan menyusuri tambak tambak (sebutan orang jawa untuk kolam yang dipenuhi ikan ternak).

Setibanya  di makam, kami beristirahat sejenak dari lelahnya perjalanan, dirasa sudah cukup, akhirnya kami serombongan melakukan sholat asyhar berjamaah yang di pimpin oleh ketua rombongan.

Sesudah sholat, semua santri berkumpul untuk melakukan istighosah.

Dan admin di beri kepercayaan oleh ketua rombongan untuk memimpin istighosah tersebut.

Alhmadulillah semua berjalan sebagaimana mestinya.

Nah disinilah hal yang menarik bagi admin.

Sebelum berangkat, menuju ke makam dewi sekardadu di sidoarjo, kami sempat berfikiran, siapa dewi sekardadu yang maksud dalam perjalanan wisata religi ini ?.

Jika yang di maksud adalah dewi sekardu ibu dari sunan giri, bukankah makam beliau ada di desa gunung anyar gresik ? admin tau, karena kami tinggal di perbatasan kota gresik.

Munkin dewi sekardadu yang lain, begitulah yang kami pikirkan sebelum berangkat ke tempat tujuan.

Dan ternyata dugaan kami salah besar.

Setelah melakukan istighosah, ketua rombongan kami menceritakan sedikit tentang siapa sebenarnya dewi sekardadu itu.

Beliau bercerita bahwa dewi sekardadu adalah seorang putri dari raja blambangan banyuwangi.

Kisah Dewi Serkadadu Versi Sidoarjo

Suatu ketika, sang dewi terkena sebuah penyakit yang tidak ada obatnya, karena takut kehilangan putri kesayangan, hingga pada suatu hari, sang raja melakukan sayembara bagi siapa saja yang bisa menyembuhkan putri dewi sekardadu.

Mendengar sayembara tersebut, syekh maulana ishaq (nantinya akan menjadi ayah sunan giri) akhirnya mencoba untuk menyembuhkan penyakit sang putri.

Dengan kekuasaan allah, sang putri pun akhirnya selamat dan sehat kembali.

Dan pada akhirnya putri dewi sekardadu menikah dengan syekh maulana ishaq.

Singkat cerita, syekh maulana ishaq yang sudah menetap di kerajaan blambangan memberikan pengaruh yang besar dengan agama islam yang dibawanya.

Sang raja pun marah dan khawatir akan kondisi tersebut, akhirnya syekh maulana ishaq di usir dari kerajaan dengan meninggalkan istri yang sedang mengandung.

Karena saat itu kondisi kerajaan masih belum stabil, dikarenakan setiap bayi laki laki harus dibunuh, maka sang putri yang telah melahirkan seorang bayi laki laki, meminta bantuan orang terdekatnya untuk membuang bayi tersebut ke sungai.

Dengan menggunakan peti yang di perkuat oleh paku paku, akhirnya peti tersebut di buang ke sungai, berjalan menyusuri sungai hingga sampai ke lautan.

Sebagai seorang ibu, prasaan sang putri tak tega melihat anaknya yang berada jauh dari kerajaan, akhirnya beliau pun pergi dari kerjaan guna mencari sang anak.

Dengan mggunakan sebuah perahu, beliau menyusuri lautan untuk menemukan ya, bertarung dengan ganasnya ombak samudera, namun nasib berkata lain, sang putri pun akhirnya menghadap sang maha esa.

Disinilah karomah yang dimiliki oleh seorang istri dari syekh maulana ishaq, jasad beliau yang terhempas oleh lautan, digiring oleh ratusan bahkan ribuan ikan keting.

Ikan ikan keting trsebut mengantarkan jasad sang putri dewi sekardadu suatu tempat, dan tempat tersebut nantinya akan menjadi makam putri sang dewi.

Itulah mengapa desa tempat sang dewi dimakamkan dinamakan desa ketingan.

"Itulah kisah sang dewi menurut warga sekitar sini" ucap ketua rombongan.

Kami sejenak berfikir, jadi selama ini makam putri ada 2 ?

Ingin sekali kami bertanya mengenai makam dewi putri sekardadu yang berada di gresik, sayangnya pada saat itu, juru kunci makam tidak ada disana.

Dan akhirnya kami pun pulang dengan kondisi selamat, sesampainya dirumah masing masing, admin masih penasaran dengan makam dewi sekardadu.

Kami mencari info mengenai sang putri, dan kami pun menemukan fakta fakta menarik.

Ternyata makam sang putri dewi, bukan hanya ada di gresik maupun sidoarjo, melainkan ada juga di kota lamongan dan banyuwangi.

Jadi keseluruhan makam beliau berjumlah 4, sidoarjo, gresik, lamongan dan banyuwangi, dan setiap daerah mempunyai cerita masing masing 

Subhanallah.

Juru kunci dari ke 4 makam tersebut bahwa jasad beliau ada di daerahnya.

Subhanallah.

Lalu mana yang asli ?.

Wallahu a'lam

Itu semua adalah karomah dari sang putri dewi sekardadu, putri dari kerajaan blambangan, sekaligus ibu dari sunan giri, dan suami dari syekh maulana ishaq.

Jika sobat penasaran dengan cerita makam dewi sekardadu dari kota lamongan, gresik dan banyuwangi, sobat bisa mencari info melalui website dari kota kota tersebut.

Jika admin menceritakan keseluruhannya, bagi admin itu terlalu kepanjangan (haha).

Nah itulah kisah mengenai makam dewi sekardadu buduran sidoarjo, jika ada penambahan atau apa saja, mohon untuk berkomentar dibawah ini

Posting Komentar untuk "Kisah Karomah 4 Makam Putri Dewi Sekardadu Sidoarjo"