Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Eksistensi Santri Menurut Kosakata Bahasa Inggris

Bincang Santri - Banyak sekali eksistensi santri menurut pandangan luas, salah satunya ialah eksistensi santri menurut kosakata bahasa inggris, eksistensi semacam ini hanya sebatas guyonan tapi kalau kita telusuri secara mendalam memang ada benarnya juga.
hakikat santri menurut bahasa inggris

Santri, ditinjau dari bahasa inggris akan menjadi 2 kosakata yang terdiri dari :

Sun (pengucapannya "san") yang bermakna matahari.
Tri yang bermakna tiga.

Secara lafadz artinya adalah 3 matahari, apakah hanya sebatas itu?

Kita telaah secara mendalam lagi.

Matahari adalah salah satu planet yang memancarkan cahayanya, jadi munkin yang lebih pas dalam pemaknaan eksistensi santri menurut kosakata inggris adalah cahaya yang menyinari 3 (sesuatu).

Lalu apa 3 sesuatu itu??

1. Agama


Di zaman yang semakin modern ini, jarang dan semakin susah sekali menemukan orang yang benar benar alim (berilmu).

Itulah mengapa solusi agar orang alim tersebut tak hilang telan zaman, dengan cara memondokkan anaknya.

Santri yang kehidupan dan kesehariannya selalu dipenuhi dengan ilmu akhirat, menjadikan santri sebagai solusi dari permasalahan yang ada.

Seperti contohnya kyai, beliau beliau dulunya juga seorang santri, tak ada kyai yang tak pernah nyantri, memang meskipun beliau sudah keluar dari pondok, namun secara hakikat beliau adalah santri.

Mau tak mau jika seseorang mendapat suatu persoalan terkait agama, maka orang tersebut akan mengadukan permasalahannya kepada kyai atau tokoh agama.

Dan jangan lupa bahwa "Ulama adalah pewaris nabi".

2. Masyarakat


Sejak memasuki dunia pesantren, secara hakikat santri sudah hidup bermasyarakat.

Sebelum memasuki dunia bermasyarakat yang sesungguhnya, santri sudah di bekali untuk menghadapi permasalahan di dalamnya.

Seperti bagaimana cara menjadi imam masjid, cara menangani jenazah, menjadi khotib, mengajar ngaji, dan semua hal yang berkaitan dengan agama.

Contohnya ketika ada orang yang meninggal, dan ada 2 orang yang bisa menanganinya, diantara keduanya ada salah satu diantara mereka yang lulusan pesantren, lalu siapa yang akan dipilih?

Pastinya orang lulusan pesantren kan.

Itu hanya sebagian dari permasalahan yang ada di kehidupan bermasyarakat.

Mereka yang pernah nyantri pasti tak canggung untuk melakukan hal seperti itu, karena sadari dulu mereka sudah di ajari dan mempraktekkannya.

Itulah mengapa santri akan dibutuhkan oleh masyarakat saat mereka sudah keluar dari pondok pesantren.

3. Keluarga


Alasan yang paling mendasar bagi orang tua yang memondokkan anaknya adalah agar anaknya dapat berbakti dan berguna begi keluarganya kelak, baik fid dunya maupun akhirat.

Harapannya anak tersebut dapat mendoakan keluarganya, seperti contoh ketika salah satu diantara keluarganya ada yang meninggal, lalu siapa yang akan mendoakannya??

Kalau bukan anak yang pernah dimondokkannya, lalu siapa lagi???

Sekarang ini, susah sekali menemukan anak yang berbakti kepada orang tua.

Tapi santri sudah mengerti etika bagaimana berhadapan dengan orang tua.

Santri tau apa yang mesti dilakukan ketika ada salah satu keluarganya yang meninggal, dan mereka juga tau cara pembagian hak waris.

Mereka tau, apa yang mesti dilakukan ketika ada permasalahan didalam keluarganya, dan mereka juga akan menjadi contoh bagi adik dan juga kakaknya.

Oleh karena itu santri pantas jika mendapat sebutan cahaya yang menyinari keluarga.

Itulah Eksistensi santri menurur kosakata bahasa inggris, santri = cahaya yang menyinari 3 sesuatu, agama, masyarakat, dan juga keluarga.

Tapi ini hanya sebagai Ekstensi belaka, seharusya santri memang seperti itu, ada juga kok santri yang tidak memenuhi kriteria di atas.

Jika ada penambahan serta apa saja terkait artikel ini, mohon untuk berkomentar di bawah ini.

Dan jangan lupa share ya :).

2 komentar untuk "Eksistensi Santri Menurut Kosakata Bahasa Inggris"

  1. Sungguh beruntung bagi siapa saja yang pernah mengenyam bangku pesantren, setidaknya dia tau bagaimana berinvestasi untuk urusan ukhrowi, santri seyogyanya dapat membawa negeri ini menjadi baldatun toyyibatun dengan cara menjadi pemimpin yang jujur,adil dan tidak korup. Smoga saja setelah di resmikan hari santri di indonesia menjadi awal yang lebih baik dari sebelumnya, dan semoga saja santri santri di Indonesia dapat mengevaluasi negeri ini untuk menjadi negeri yang madani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga kami menjadi apa yang pikirkan, dan apa yang dicita citakan santri semoga terwujud

      Hapus