Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Penjara Suci Yang Sebenarnya

Pengertian Penjara Suci
Bincang Santri – Pondok Pesantren sebagai pendidikan tertua di Indonesia menjadikan sebagai solusi tepat untuk para pemuda pemudi, dimana mereka akan belajar dengan nuansa islami didalamnya, namun sayang, banyak istilah atau statatement stamen yang mengarah ke jeleknya pondok pesantren salah satunya adalah salah kaprah terkait pengertian penjara suci.

penjara suci

Kenapa penulis katakan jelek ?

Sebelumnya kita simak percakapan di antara dua orang ini

Non Santri : Kang, kenapa ya banyak orang santri mengatakan penjara suci, emang penjara suci itu apa sih.

Santri : Oh itu to, Penjara suci itu ya pondok pesantren.

Non Santri : Kenapa kok bisa dibilang penjara suci kang ?

Santri : Munkin karena didalamnya para santri seperti para narapidana yang selalu saja terikat ketat dengan peraturan, sedangkan maksud dari suci itu orang orang didalamnya (santri) melakukan kegiatan kegiatan yang berbau agamis, seperti contoh mengaji, dengan mengaji kita bisa mensucikan hati kita, itu hanya sekian contoh dari beberapa contoh.

Non Santri : Owalah gitu ya kang, saya paham kang.

Dari percakapan di atas, tanpa kita sadari istilah penjara suci itu adalah momok yang menakutkan bagi kalangan non santri.

Mari kita maknai satu persatu dari istilah dari penjara suci.

Penjara :

Penjara adalah tempat dimana para narapidana terkekang serta mengikuti peraturan didalamnya dengan waktu yang telah di tentukan oleh hak yang berwenang.

Sedangkan narapidana orang yang telah melakukan tindak kejahatan.

Apakah santri seorang narapidana ? apakah sebelum menyandang status santri iya adalah pelaku criminal, kalau memang iya ? berarti istilah penjara bagi pesantren adalah tempat yang hanya di khususkan bagi para narapidana saja, selain narapidana tak boleh mondok di pesantren.
Lanjut

Suci :

Suci dalam pandangan ulama fiqih adalah terbebasnya kita sesuatu yang najis, seperti perbincangkan oleh santri di atas, maksudnya dengan kita mondok di pesantren menjadikan hati kita menjadi suci yang akan berdampak dalam perncarian ilmu.

Penulis yakin teman teman sudah paham, dilanjut ya XD.

Penjara adalah sesuatu yang buruk dan suci adalah sesuatu yang baik, bagaimana bisa 2 kata itu bisa bersandingan, ? padahal makna dari ke dua kata tersebut sangatlah kontra.

Penulis masih ingat dalam pelajaran ilmu ushul fiqih :

Berikut Dalilnya :

اذا اجتمع الحلال والحرام غلب الحرام

Artinya : Jika terkumpul suatu yang haram dengan yang halal maka akan dimenangkan oleh yang haram.

Seperti contoh jika terdapat hewan yang halal untuk di makan seperti kambing dikawinkan dengan harimau yang haram di makan, maka anaknya termasuk golongan hewan yang haram di makan, karena itu tadi, sesuatu yang haram akan menang di tercampur dengan yang halal.

Lalu apa kaitannya dengan penjara suci ?

Kita qiyaskan (samakan) saja, penjara adalah sesuatu yang haram dan suci adalah sesuatu yang halal, jika digabungkan maka penjara lah yang menang.

Itulah mengapa banyak non santri yang salah mengartikan tentang itu, hingga menjadikan pesantren sebagai tempat yang menakutkan, mendengar penjara semua orang pasti akan gimana gitu XD.

Ada sebuah pertanyaan, siapa yang membuat istilah itu ?

Yang membuat istilah tersebut adalah santri sendiri, sebagai manusia biasa sudah sewajarnya santri pernah melakukan kesalahan dan mengikuti hawa nafsunya seperti enggan untuk di atur, dikit dikit salah di mata pengurus, dan yang lebih parah adalah pacaran atau jatuh cinta terhadap santriwati.

Itulah mengapa santri santri seperti itu menyebut pesantren sebagai penjara, tak heran mereka menyebut sepeti itu karena selalu terkekang layaknya hidup dipenjara.

Bagi mereka yang tidak melakukan hal hal di atas, mereka tak menyebut pesantren sebagai penjara tapi menyebut pesantren sebagai rumah sakit, ada juga yang menyebut pondok pesantren taman taman suci, dan masih banyak lagi, dibandingkan dengan penjara suci nama nama barusan lebih baik di lafadzkan.

Seperti istilah rumah sakit.

Istilah rumah sakit bagi pesantren adalah sebuah tempat dimana untuk mengobati orang secara bathin, mengobati dari penyakit hati, penyakit mata, penyakit tangan, dan penyakit yang merugikan orang lain dan diri sendiri.

Layaknya rumah sakit, didalamnya pun kita sebagai santri tak boleh melakukan hal yang dilarang oleh pihak rumah sakit, jika kedapatan melanggar maka sudah dipastikan penyakit batin nya akan semakin parah, tak percaya ?

Sebelum mondok saya sudah di doktrin oleh keluarga dan tokoh masyarakat, begini ucapannya :

Kalau mencuri jarum di pesantren, kalau di rumah akan mencuri kuda, pokoknya jangan melanggar apa apa di pesantren, karena pesantren adalah tempat yang keramat.

Itulah ucapan yang penulis ingat hingga saat ini, bukan berarti penulis tak pernah melakukan kesalahan selama mondok, yah kembali ke sebuah dalil :

Manusia adalah tempatnya salah dan lupa.

Itulah mengapa di pesantren di terapkan sebuah peraturan, agar kita bisa terbiasa untuk hidup disiplin agar kelak bisa menjadi panutan bagi semua orang.

Semoga penjelasan ringkas ini mengubah pandangan orang orang tentang pengertian penjara suci sebenarnya, karena pada dasarnya pondok pesantren adalah tempat untuk berproses, bukan di kekang layaknya penjara, jika ada pertanyaan, mohon berkomentar di bawah ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Penjara Suci Yang Sebenarnya"