Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Dan Berkah Jadi Santri Abdi Ndalem

Santri Ndalem Dan Khodam Kyai
Bincang Santri - Jika kita melihat dari sudut pandang jenis jenis santri, ada banyak sekali macam macam santri menurut profesinya masing, salah satunya adalah santri ndalem atau santri abdi ndalem bahkan ada pula yang menyebutnya santri abdi kyai, lalu siapakah sebenarnya mereka itu ?.

santri abdi ndalem

Santri Abdi Ndalem


Sebagaimana yang telah kita ketahui pada artikel sebelumnya, santri mempunyai beberapa makna baik secara filosofi maupun eksistensi kosakata bahasa Inggris.



Sedangkan kata abdi adalah pelayan, pembantu dan juga orang yang secara sukarela untuk mendedikasikan hidupnya kepada majikannya.

Lalu untuk ndalem itu sendiri diambil dari bahasa jawa yang bermakna rumah kyai, atau rumah pengasuh pondok pesantren.

Jadi makna santri abdi ndalem adalah seorang santri yang mendedikasikan hidupnya kepada kyai pengasuh pondok pesantren dimana dia mondok.

Selain itu ada istilah yang lebih di kenal oleh masyarakat mengenai penamaan santri ndalem ini, yakni dengan sebutan khodam kyai

Apakah sampai disini sobat sudah paham pengertian dari santri abdi ndalem ?

Santri abdi ndalem termasuk salah seorang santri yang mempunyai jadwal waktu yang sungguh padat.

Bagaimana tidak ?.

Selain belajar, mereka juga membantu pekerjaan rumah tangga kyainya, seperti memasak, meladang di pertanian kyainya, bahkan mengambil air untuk di isi di ndalem (rumah) kyainya.

Memang tidak mudah menjadi seorang santri ndalem, mereka harus pintar pintar untuk waktu.

Waktu untuk belajar dan waktu untuk membantu pekerjaan kyainya.

Biasanya pengasuh pondok pesantren  memaklumi jika seorang santri tergolong ketegori ini tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar di pondok pesantren tersebut.

Namun adapula santri abdi ndalem yang memang pada dasarnya giat untuk belajar dengan mengikuti pengajian kitab kuning yang ada.


Meskipun setelah berlelah dalam pekerjaan, mereka tak hilang semangat dan mencuri curi waktu untuk mengikuti pengajian kitab kuning yang dibawakan oleh kyainya sendiri.

Bukan tanpa alasan kenapa mereka menjadi santri abdi ndalem.

Alasan Menjadi Santri Ndalem.



1. Kurangnya Biaya


Dalam kitab ta'lim muta'alim dijelaskan bahwa salah satu syarat untuk mencari ilmu adalah adanya biaya.

Karena ingin belajar di pondok pesantren, namun tidak mempunyai biaya, akhirnya santri tersebut memberanikan dirinya menghadap pengasuh pondok pesantren untuk menjadi santri abdi ndalem.

Bisa dikatakan pekerjaan yang telah dia lakukan sebagai pengganti biaya hidup selama ia berada di pondok pesantren tersebut, atau sebagai ucapan terimaka kasihnya melalui sebuah pekerjaan.

2. Keinginan Pribadi


Selain kurangnya biaya, alasan lainnya adalah karena mereka benar benar ingin menjadi khodam kyai.

Bukan tanpa alasan, mereka yang tergolong mempunyai sifat ini, biasanya mereka benar benar berniat untuk dekat dengan kyainya.

Karena dengan hidup bersama beliau, mereka berharap bisa meniru kehidupan sehari hari kyainya, sebagaimana yang telah ia lihat.

Bahkan ada pula santri yang bisa dikatakan berkecukupan, tapi ia rela untuk tinggal bersama kyainya.

3. Keinginan Keluarga


Keinginan keluarga menjadi alasan yang ke 3 kenapa santri menjadi abdi ndalem.

Biasanya keluarga seperti ini mempunyai hubungan khusus dengan pengasuh pesantren seperti alumni pondok pesantren tersebut.

Agar silaturrahmi murid dengan guru tidak hilang dan berharap anaknya bisa menjadi penerus gurunya, lantas mereka menitipkan kepada anaknya agar menjadi khodam kyai pondok pesantren.

Yah, mau tak mau, santri tersebut harus menuruti keinginan keluarganya demi kebaikannya sendiri.

Berbeda dengan santri pada umumnya, santri yang tergolong abdi ndalem, termasuk santri yang cukup istimewa dibandingkan dengan santri lainnya.

Karena apa ?

Karena kedekatan mereka dengan pengasuh pondok pesantren, jarang sekali santri bisa dalam kesehariannya berdekatan dengan kyainya kalau bukan santri ndalem.

Jadi kalau ada santri yang ingin sowan kepada kyainya, mau tak mau mereka harus berhadapan dengan santri yang satu ini.

Ibarat jika ingin menemui seorang artis, maka sobat harus menemui manajernya terlebih dahulu, sungguh istimewa bukan ?.

Itu kelebihan dan keistimewaanya, lantas apa kekurangannya ?

Menjadi santri abdi ndalem juga mempunyai sebuah kekurangan, diantaranya adalah tidak mempunyai waktu untuk belajar seperti santri pada umumnya.

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, mereka tak bisa menerus nerus untuk belajar karena mereka juga harus mengurusi pekerjaan kyainya.

Meskipun begitu, banyak sekali yang kami ketahui, bahwa khodam kyai menjadi ulama hebat setelah dia keluar dari pondok pesantren dimana ia mengabdikan dirinya.

Kok bisa ? padahal dia kan jarang belajar.

Barokah kyai yang menjadi alasan utamanya.


Ridho dan barokah yang didapat dari kyai membuat ia menjadi orang  berpengaruh kelak jika dia keluar dari pesantren.

Jadi jangan meremahkan santri abdi ndalem, karena bagaimanapun mereka termasuk salah satu keluarga kyai itu sendiri.

Selain jarang belajar, mereka juga jarang bisa berkumpul dengan teman temannya karena waktu yang ia punyai sangatlah sedikit.

Nah cukup sampai disini, itulah alasan dan barokah santri abdi ndalem, jika ada penambahan atau apa saja, mohon untuk berkomentar dibawah ini.

Posting Komentar untuk "Alasan Dan Berkah Jadi Santri Abdi Ndalem"