Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kebiasaan Buruk Santri Yang Tak Patut Untuk Di Tiru

Kebiasaan Buruk Santri
Bincang Santri - Santri sebagai orang yang mendalami ilmu di pendidikan berbasis ilmu agama nomor satu, menjadikan santri sebagai orang yang patut di tiru untuk di kehidupan masyarakat, ilmu yang mereka dapatkan dari gurunya akan mereka amalkan sedini munkin serta konsisten (istiqomah), sehingga terciptalah kebiasaan atau tradisi yang mengakar dikalangan santri.

kebiasaan buruk santri

Seperti jika ada salah satu masyaikh (kyai) lewat, mereka diharuskan untuk diam sejenak dan membiarkan kyainya lewat sebagai rasa takdim murid kepada gurunya.

Ada juga kebiasaan santri selepas mengaji kitab kuning, mereka akan berebut unjukan (makan atau minuman yang dihidangkan) kyai demi mengalap barokah


Tapi santri juga hanyalah manusia sebagai tempatnya salah dan lupa, disamping mereka mempunyai kebiasaan baik, mereka juga mempunyai kebiasaan buruk.

Kebiasaan jelek santri


Di bawah ini nantinya kami jelaskan mengenai kebiasaan jelek atau buruk yang terbagi menjadi 4, berikut diantaranya

1. Serba Terburu Buru


Kegiatan padat yang ada di pesantren, mau tak mau santri harus melakukan apa saja serba terburu, kalau mereka enjoy bisa bisa mereka akan terlambat dan pada akhirnya akan terkena takzir.

Seperti contoh mandi terburu buru, belum lagi mereka harus antri dari sekian banyak santri.

Dalam satu asrama yang biasanya menyediakan 5 - 10 kamar mandi untuk 100 orang santri, mau tak mau mereka harus sadar akan santri lain yang sedang mengantri.

Untuk menimalisir antrian, para santri harus menanamkan sifat terburu burunya agar santri lainnya bisa meresakan mandi

Biasanya mereka mandi dalam kurun waktu kurang dari 5 menit, biarlah orang orang mengatakan bahwa mereka sedang "mandi bebek" XD

Asalkan temannya bisa mandi mereka rela untuk melakukan itu, bahkan ada juga yang merelakan untuk tak mandi selama 2 hari dengan alasan agar para santri bisa mandi mengingat sedikitnya air yang ada XD (rasanya gimana ya tak mandi selama 2 hari XD)

Jika terdapat santri yang menomorsatukan egoismenya, dia pasti akan di benci oleh santri lain.

Contoh lainnya adalah makan, meskipun makanan itu panas, mereka akan melahap itu semua, yah dengan alasan takut ketinggalan kegiatan selanjutnya.

Meskipun mereka makan terburu buru, mereka masih bisa merasakan nikmatnya makan, padahal yang namanya makan dengan terburu buru itu tak ada nikmatnya sama sekali.

Lalu apa yang menyebabkan mereka menikmati itu?

Makan senampan atau mayoran yang merupakan kebiasaan unik santri ketika makan, membuat makan mereka lebih berarti meskipun sedang terburu buru


Jika kita melihat hadist nabi, bahwa melakukan sesuatu dengan terburu buru adalah hal yang jelek.

Sebagai santri yang padat akan kegiataan, mau tak mau mereka harus melakukan itu.

Jadi untuk kebiasaan terburu buru ini jangan ditiru ya kawan.

2. Minum Makanan Mentah


Kebiasaan satu ini memang sangat berdampak bagi kesehatan para santri, mengingat apa yang mereka makan serta apa yang mereka minum adalah suatu yang masih mentah.

Contoh untuk makanan, biasanya para santri memakan mie instan tanpa di masak terlebih dahulu.

Mereka biasanya menyebut dengan sebutan "mie remuk, mie instan yang diremuk remuk XD

Mereka juga sadar akan dampaknya, tapi tetap saja mereka akan memakan itu dengan alasan :

"Halah, namanya santri ya begini ini" XD

Sehabis makan, tak perlu repot repot untuk mencari minuman, pergi ketempat wudhu untuk berwudhu serta meminum airnya XD

Katanya sih barokah XD

3. Tidak Membereskan Perabot


Sehabis makan, bukannya membereskan perabot seperti panci, kompor dan juga nampan, mereka malah menggeletakkan barang barang tersebut

Jika ditanya kenapa tidak dibereskan terlebih dahulu?

Mereka akan menjawab " Sudahlah, nanti juga ada yang memakai"

Sunggu baik mereka ya kawan XD

4. Ghosob


Inilah kebiasaan buruk santri yang sulit untuk di berantas, berbagai cara telah dilakukan oleh berbagai pihak pesantren, semua sistem telah di terapkan, tapi apa daya, ghosob mengghosob masih mengakar di kalangan santri.

Untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.


Itulah kebiasaan buruk santri yang tak patut untuk ditiru, oh ya pesan penulis jangan dilupakan ya (Jangan ditiru XD), jika ada penambahan serta apa saja terkait artikel ini mohon untuk berkomentar di bawah ini.

Posting Komentar untuk "4 Kebiasaan Buruk Santri Yang Tak Patut Untuk Di Tiru"