Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Malam Jumat, Malam Minggunya Anak Santri

Bincang Santri - Sudah sejawajarnya jika seorang yang telah bekerja berhak mendapatkan haknya untuk beristirahat, Mayoritas masyarakat pada umumnya akan berlibur di hari ahad, namun berbeda dengan para santri, mereka akan berlibur dari padatnya kegiatan di hari jumat.

malam jumat santri

Hari jumat adalah hari besarnya umat islam, sebagai pendidikan yang mencetak muslim muslim sejati, semua pondok pesantren meliburkan kegiatannya di hari jumat.

Sebelum berlibur di hari jumat, santri akan melewati malam panjangnya di malam jumat.

Banyak yang berifikir malam jumat identik dengan malam yang sakral, ada kekuatan mistis yang besar di malam jumat hingga terciptalah sebuah persepsi malam jumat kliwon.

Seperti halnya khalayak umum, sebelum melakukan tidur panjangnya di waktu libur, mereka para santri akan melaksakan kegiatan yang dapat merefresh pikiran dari penatnya pelajaran, hafalan hingga setoran


Malam jumat bagi santri adalah malam minggu, malam dimana kebagiaan akan muncul untuk menanti hari jumat.

Jikalau malam minggu di isi dengan kencan (bagi yang punya XD), kumpul kumpul dengan teman, bahkan hingga  terjerumus kedalam lubang maksiat.

Santri punya sikap sendiri bagaimana cara menyikapi malam minggunya.

Seperti biasanya di malam jumat setelah melaksanakan pembacaan yasin dan tahlin di lanjutkan dengan pembacaan sholawat, mereka para santri senangnya bukan main, karena dari situlah awal mula dimulainya malam minggunya mereka.

Ada yang ngopi sambil bercerita apa yang dilakukan besok pada saat pulangan, ada juga yang bercerita masa masa dia dulu mondok, bahkan bagi santri putri akan saling membahas para santri idamannya.

Sedangkan bagi santri baru, malam jumat adalah malam dimana mereka akan mendapatkan cerita misteri dari para senior.

Para senior akan bercerita bahwa didalam kamar mandi itu sering kedapatan santri yang bertemu dengan seorang  Pria bertubuh besar di pojokan kamar mandi.


Bahkan para senior juga akan bercerita tentang herlina, bagaimana ia bisa masuk kepondok, dan apa permasalahan yang terjadi pada herlina.


Bukan berarti malam jumat hanya di isi  dengan cerita saja, mereka yang tertuntut hafalan, akan meluangkan waktunya lebih lama lagi untuk setoran besok.

Diwaktu teman temannya saling bercerita ditemenai secangkir kopi, mereka para hafidzul quran (orang yang mengahafal al quran), dimalam minggunya akan di isi dengan hafalan.

Ada juga yang mengisinya dengan mencuci pakaian, mengingat waktu yang sangat terbatas, membuat malam jumat adalah pilihan terbaik untuk mencuci pakain.

Setelah merasakan letihnya mencuci, dihari jumat mereka akan langsung sembari menunggu sholat jumat.

Munkin itulah yang bisa penulis jelaskan terkait, malam jumat malam minggunya anak santri, jika ada penambahan mohon untuk berkomentar di bawah ini.

3 komentar untuk "Malam Jumat, Malam Minggunya Anak Santri"

  1. Jadi inget waktu pesantren dulu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang tujuan bincang santri agar para alumni bisa mengingat masa masa indah di pondok pesantren

      Hapus
  2. Berati sama kaya ana, gak pernah ngrasain malam mingguan akakakak :D

    BalasHapus